Inovasi merupakan suatu keharusan yang mesti dilakukan untuk meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah dalam rangka mewujudkan kesejateraan masyarakat.

Maka untuk mempercepat terwujudnya kesejateraan masyarakat tersebut, pemerintah Daerah Kabupaten Lahat melakukan berbagai upaya melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat serta peningkatan daya saing Daerah.

Peningkatan pelayanan publik dan peningkatan daya saing Daerah merupakan domainnya pemerintah Daerah, sedangkan pemberdayaan dan peran serta masyarakat disamping domain pemerintah Daerah keberadaan masyarakat  sangatlah menentukan.

Berbagai potensi yang ada dimasyarakat perlu di bina untuk ditingkatkan kualitasnya agar tumbuh dan berkembang secara maksimal agar memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Dalam hal ini OPD teknis sesuai dengan bidang tugasnya, tetap berusaha melakukan pembinaan yang maksimal terhadap potensi/kegiatan usaha yang ada dimasyarakat, sehingga hasil usaha/produk yang ada dimasyarakat tersebut  memenuhi standar dan mampu bersaing pada skala yang lebih luas. Dengan pembinaan yang Intensif diharapkan akan melahirkan berbagai Inovasi.

Dipenghujung tahun 2020 setelah dilakukan penilaian oleh tim penilai yang profesional dan Independen dari Provinsi Sumatera Selatan maka peserta dari Kabupaten Lahat berhasil mendapat peringkat III, IV dan V dalam Lomba Inovator tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Mereka adalah :

  1. Yoga Rama Sutra terbaik III usaha alat roasting kopi dari Kecamatan Lahat.
  2. Hartani terbaik IV pembuatan pupuk organik dari Kecamatan Suka Merindu.
  3. Selvia Rian Nasikha terbaik V usaha keripik pare dan abon papaya dari Kecamatan Merapi Barat.

Mudah – mudahan kedepan  akan lebih banyak lagi Inovasi yang dilakukan di Kabupaten Lahat yang membawa manfaat besar bagi masyarakat luas (DM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *